Rabu, 06 Februari 2013

Kemandirian Wajo



Peta Geografis Wajo
Kabupaten Wajo merupakan daerah yang memiliki berbagai  macam potensi dan kekayaan alam, ini yang kemudian meniscayakan sebuah pengembangan dan peningkatan bagi semua kelas social untuk ikut memberikan kontribusi pemikiran dalam membangun masyarakat Wajo menuju sebuah peradaban yang terbangun dari pondasi masyarakat cerdas, berwawasan luas, dan memiliki kemandirian intelektual yang memadai. Sehingga dalam grafik persaingan mampu berada pada level teratas dan mendapatkan legitimasi dari provinsi lain sebagai daerah yang memiliki sifat kompetitif yang tinggi.

Kaitannya dengan sumber daya alam dan pengembangan masyarakat dalam tingkat kesetaraan social Kab. Wajo harus melakukan sebuah kerja keras, dimana kita ketahui bersama bahwa dalam pencapaian hasil yang maksimal ini sangat membutuhkan kerja ekstra dan kerjasama bagi semua struktur masyarakat Wajo. Persiapan mental baik konsep yang jelas , matang dan terorganisir dengan baik agar mampu diterapkan dengan sistematis sehingga mampu menciptakan sebuah peradaban “melbi  dengan sifat sederhana, maka kami akan melahiran berbagai figure masyarakat sebagai teladan dalam kehidupan social dinamis.

Dalam konteks social, pemerintah telah banyak melakukan upaya peningkatan mutu masyarakat, terlihat dari sisi pendidikan dimana pada hari ini anggaran pendidikan semakin diprioritaskan pada lembaga tersebut. Sikap positif inilah yang kemudian menjadi inspiratif dan referensi bagi semua lembaga dan pemerhati pendidikan untuk selalu berupaya dan bersinergi dalam pencapaian mutu didik yang bersifat global yang kemudian mampu diterapkan pada taraf local bawah.

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan teknologi informasi serta mewabahnya karakter konsumerisme di Indonesia, maka arus masuknya budaya luar tanpa ada filterisasi tidak bisa dibendung lagi. System pendidikan kita yang semakin terinfeksi oleh berbagai budaya yang menjadikan wajah pendidikan semakin kehilangan control, arah dan substansinya yang “memanusiakan manusia”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anda sopan kami pun bersambut